Kelebihan Menggunakan Karpet Badminton Apa Saja

Gambar Produk
karpet badminton
Konsultasi

Kelebihan menggunakan karpet badminton sebaiknya diketahui saat memutuskan membangun lapangan badminton, baik indoor maupun outdoor. Pelindung lantai badminton berkualitas berpengaruh pada banyak hal saat permainan berlangsung.

Penting untuk memilih karpet dengan ketebalan sesuai, sehingga bisa memberikan kenyamanan dan kestabilan jalannya permainan. Selain itu, tekstur permukaan karpet yang solid dan empuk membuat pemain merasakan kenyamanan ekstra dan tidak berpotensi membuat pemain cedera.

Jika selama ini belum menggelar karpet di lapangan badminton, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakannya. Terlebih jika Anda bertindak sebagai pihak penyedia lapangan.

Kelebihan Menggunakan Karpet Badminton

Badminton merupakan salah satu olahraga favorit masyarakat untuk segala kalangan usia. Selain raket dan shuttlecock, alas atau pelapis lantai lapangan badminton juga mendukung suasana kondusif dan kestabilan saat bermain.

Mari simak kelebihan yang didapat dengan penggunaan karpet badminton dalam ulasan berikut.

Memberikan Dukungan Kenyamanan dan Keamanan

Kenyamanan dan keamanan saat bermain badminton adalah prioritas. Untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut, pengaplikasian karpet sesuai ketentuan BWF, seperti karpet lining adalah cara terbaik.

Biasanya, karpet memiliki fitur anti slip yang tinggi. Hal ini memberikan pemain kepercayaan diri, sehingga tidak ragu-ragu bergerak lincah, cepat, dan tepat. Pemain senantiasa bisa bergerak dinamis tanpa harus takut kehilangan pijakan.

Terdapat penambahan lapisan yang bertujuan mengurangi benturan dan meredam suara. Meski ada pelapis, tetapi tidak mengurangi fungsi utama permukaan karpet untuk mampu memberikan keseimbangan dan meminimalkan resiko tergelincir.

Karpet badminton tidak boleh licin. Hal ini untuk meminimalisir resiko terpeleset akibat keringat pemain yang jatuh ke karpet.

Meningkatkan Performa Bermain Badminton

Kelebihan menggunakan karpet badminton selanjutnya adalah bisa meningkatkan performa saat bermain, mulai dari pengendalian kok hingga melakukan gerakan-gerakan lincah. Hal ini karena karpet menawarkan elastisitas dan peredaman yang cukup baik.

Sekali lagi, karpet badminton seharusnya bisa mengurangi resiko cedera sekecil mungkin. Oleh karena itu, pemilihan bahannya haruslah tepat.

Pemilihan bahan akan berpengaruh pada daya karpet untuk menahan tekanan yang berasal dari sendi dan pergelangan kaki para pemain. Hal ini tidak bisa diperoleh dari lapangan badminton cor.

Seringkali pemain badminton melakukan gerakan melompat dan mendarat. Karpet badminton bersifat elastis, sehingga bisa memberikan peredaman tekanan saat pemain mendarat.

Selain memberikan kenyamanan, juga mengurangi resiko cedera pada bagian engkel kaki. Bahkan jika pemain jatuh sekalipun  tetap memberikan kenyamanan.

Daya Serap Terhadap Cahaya Bagus

Kelebihan menggunakan karpet badminton lainnya ialah mempunyai daya serap yang bagus terhadap cahaya. Karpet badminton juga harus mendukung kebutuhan visual. Jika mengaplikasikannya di lapangan indoor, maka harus bisa menyerap cahaya lampu.

Lapangan indoor biasanya memiliki penerangan yang cukup. Hal ini bisa menimbulkan pantulan saat menyentuh lantai lapangan badminton.

Tentu tidak baik bagi visual para pemain badminton karena merusak fokus. Para penonton pun tidak bisa menikmati permainan yang berlangsung. Warna karpet biasanya kontras dengan warna shuttlecock. Hal ini untuk menciptakan nuansa permainan lebih hidup.

Jika lapangan hanya berupa cor tidak mungkin bisa memberikan manfaat tersebut. Daya serap yang buruk terhadap panas akan merusak pandangan. Selain itu, pantulan lampu justru menimbulkan efek panas di area ruangan.

Awet dan Panjang Umur

Karpet badminton memiliki keunggulan dalam hal ketahanan. Meski berupa karpet, tetapi material pembuatnya tidak mudah koyak dan robek.

Selain itu, ketahanan karpet terhadap panas ruangan juga cukup baik. Jadi, karpet tidak hanya meredam tekanan dan cahaya. Hal ini membuat penggunaan karpet aman dalam jangka waktu lama yang pada akhirnya mengurangi pengeluaran biaya. Biasanya karpet memiliki masa pakai 3 hingga 5 tahun.

Berbeda jika lantai lapangan badminton menggunakan cor. Cat mudah terkelupas karena daya serap panas yang kurang baik. Belum lagi lubang yang terbentuk pada lapangan bisa saja membuat pemain tersandung.

Hemat Budget

Fitur bongkar pasang yang mudah, sehingga bisa mengaplikasikan karpet di berbagai tempat. Karpet juga mendukung pemakaian indoor maupun outdoor. Jadi, tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli karpet lagi.

Bagi yang hendak membuka usaha sewa lapangan badminton, pertimbangkan kelebihan menggunakan karpet badminton sesuai standar BWF. Meski hanya berupa karpet, nyatanya mampu memberikan kenyamanan dan stabilitas dalam permainan yang sedang berlangsung.

Posting Komentar